Jumat, 08 Maret 2013

cara membuat disc image recorder


KEGUNAAN :

Fungsi dari disk image ialah sebagai ganti dari CD yang ada pada umumnya. Tapi bedannya ialah disc image adalah data yang tersimpan di komputer yang berbentuk sebuah file. Cara ini merupakan alternatif yang bisa diandalkan untuk menyelamatkan data anda dari serangan virus dan kerusakan data lainnya.

Sebenarnya ada banyak cara untuk membuat disk image dengan software yang ada, tetapi alasan menggunakan NERO adalah karena software ini telah umum digunakan oleh sebagian besar penduduk indonesia. Sehingga fitur-fiturnya sudah tidak asing lagi buat kita.

WARNING : data yang telah diubah menjadi disk image sudah tidak bisa diubah atau di hapus, sehingga kalau bisa data yang diubah adalah data-data yang sudah jadi atau permanen saja.


CARA PEMBUATAN :

Sebenarnya langkah-langkah untuk membuat disk image serupa dengan pada saat kita mau burning data biasa pada saat kita menggunakan NERO.

1. Bukalah aplikasi NERO ESSENTIAL 7 anda.

2. Pilihlah menu apa yang anda inginkan. Apakah anda akan menggunakan DATA, AUDIO, VIDEO, atau COPY DC (khusus copy CD ada cara tersendiri). Masukkan file yang anda kehendaki seperti biasanya anda lakukan.

3. Klik NEXT. Pada tampilan akan muncul dialog “current recorder” ubahlah pilihannya menjadi IMAGE RECORDER [CD-R/RW]. Berilah nama disk yang anda inginkan di menu “disk name”

4. Klik BURN, maka akan muncul box “save image file”. Simpanlah file pada lokasi yang anda kehendaki, jangan lupa berikan nama file pada dialog “file name” untuk box dialog “save as type” pilihlah terserah sesuai yang anda kehendaki (karena pada dasarnya sama saja). Kalau sudah klik SAVE. Maka proses burning akan berjalan.

5. Setelah proses burning selesai maka akan muncul box pesan yang menandakan proses burning telah selesai. Klik OK, kemudian klik NEXT. Setelah semua proses selesai tutup aplikasi NERO.

6. Periksalah apakah disk image yang anda buat telah benar-benar tersimpan dengan baik, pergunakan aplikasi DAEMON untuk memastikannya. File yang anda buat akan dikenal di komputer anda sebagai disk image.

WARNING : bila anda langsung membuka file disk image tanpa menggunakan apliksi daemon maka secara otomatis program NERO akan terbuka untuk diminta melakukan burning menggunakan CD blank. Jangan khawatir, tutup saja aplikasi NERO anda. Maka data yang anda simpan benar-benar aman.

Pergunakanlah fitur disk image untuk memback-up data master software program anda,karena bebas dari ancaman virus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar